Memilih Tempat Belanja Online Terpercaya: Toko Online atau Marketplace?

Posted by in ARTIKEL

Kecanggihan teknologi saat ini telah menjadikan semua hal menjadi lebih praktis. Kita bisa melakukan banyak hal dengan bantuan internet, termasuk berbelanja. Dengan adanya tempat belanja online memang banyak keuntungan yang kita dapatkan.

Dengan berbelanja online, Anda tidak perlu repot keluar rumah untuk mendapatkan barang yang anda inginkan. cukup anda mencari barang melalui gadget, mentfrasfer uang, dan barang akan diantarkan ke rumah anda.

Dunia bisnis internet berkembang pesat sejak tahun 2011. Sehingga saat ini banyak sekali konsep yang diusung dalam tempat belanja online. Contohnya yaitu Toko Online dan MarketPlace. Kedua tempat belanja ini tentunya memiliki perbedaan keuntungan dan kekurangannya masing masing. Berikut ini perbedaannya.

Perbedaan Tempat Belanja Online: Toko Online dan MarketPlace

1. Tempat Belanja Market Place

Apa itu marketplace? Marketplace adalah salah satu tempat belanja online yang dapat kita jabarkan sebagai pasar online. Jadi di marketplace ini dapat terjadi interaksi antara banyak penjual dan pembeli. Siapapun dapat berjualan di sana dengan mudah. Berikut ini kelebihan dan kekurangan belanja online di marketplace.

Contoh marketplace yang populer di Indonesia; Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dsb.

Keuntungan Belanja Online di Marketplace:

  1. Dapat membandingkan dan memilih 1 produk dari harga paling murah hingga paling mahal.
  2. Uang yang anda bayarkan masih tertahan di sistem dan belum bisa diterima oleh penjual sebelum barang anda konfirmasi terima barang. Sehingga minim resiko penipuan.
  3. Proses pembayaran lebih mudah jika anda memiliki saldo di akun marketplace anda. Tidak perlu repot mentransfer uang.
  4. Pelayanan cepat oleh sistem.

Disamping mudahnya berbelanja online di marketplace, tentu ada kekurangan yang sedikit banyak dapat merugikan anda berbelanja online di tempat belanja online marketplace ini. Apa saja kekurangannya? Berikut ini penjelasannya.

Kelemahan Belanja Online di Marketplace:

  1. Rentan mendapatkan barang KW atau palsu. Karena banyaknya penjual di sana menyebabkan tingginya tinggat persaingan. Sehingga muncullah persaingan tidak wajar. Banyak penjual nakal yang memalsukan produk agar bisa dijual dengan harga murah, sehingga mendatangkan banyak pembeli.
  2. Interaksi antara penjual dan pembeli kurang
  3. Minim informasi mengenai produk yang dijual
  4. Barang yang dijual sering KW atau palsu

2. Tempat Belanja Online Toko Online

Berbeda dengan marketplace yang didefinisikan sebagai pasar online yang banyak penjual, toko online adalah sebuah toko. Jadi di toko online ini tidak banyak penjual. Hanya ada 1 penjual di toko online.

Pihak penjual pada toko online harus menyediakan barang sendiri dan menghitung stok barang sebelum mempromosikannya melalui sarana website.

Mendirikan toko online tidaklah mudah. Harus menguasai coding, desain, komunikasi lisan, dan terpenting komunikasi tulisan. Agar toko online bisa memenangkan persaingan di google keyword agar mendatangkan banyak pembeli. Jadi sangat minim penjual di toko online menipu pembeli. Karena mereka akan menjaga reputasi toko nya di google.

Kelebihan Belanja Online di Toko Online:

  1. Kualitas produk di toko online lebih terjamin. Karena penjual memiliki produk sendiri.
  2. Deskripsi produk lebih lengkap, juga disertai artikel pendukung mengenai produk.
  3. Interaksi penjual dan pembeli lebih dibandingkan di marketplace. Jika ada masalah atau ingin komplain tentang produk, penjual siap melayani dan memberi solusi.
  4. Toko online mempunyai situs tersendiri. Sehingga mudah diingat. Jadi jika ada masalah atau ingin membeli lagi anda dapat dengan mudah kembali ke toko tersebut.

Kekurangan Belanja Online di Toko Online:

  1. Respon kurang cepat, karena masih dilayani oleh manusia, bukan sistem mesin.
  2. Pembeli harus konfirmasi pembayaran terlebih dahulu agar barang dikirim oleh penjual.

Seperti itulah perbedaan, kelebihan dan kekurangan berbelanja di tempat belanja online marketplace dan toko online. Agar terhindar dari penipuan dan produk KW dari tempat belanja online, berikut ini tips berbelanja online.

Tips Berbelanja Online:

  1. Jika ingin belanja online di toko online, pilihlah toko online yang telah terpercaya, dan menyertakan alamat lengkapnya pada situs toko onlinenya.
  2. Jika ingin berbelanja di marketplace, pilihlah marketplace yang memiliki reputasi baik, penjualannya banyak, dan lihat pula bagaimana penilaian marketplace nya dari para pembeli sebelumnya.
  3. Saat ingin memilih marketplace, pilihlah marketplace yang direkomendasikan oleh toko online resminya. Untuk menghindari produk palsu.

 

Berbagi

Komentar

Komentar